Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Awasome Cara Membuat Absensi Di Excel 2023


Contoh daftar hadir jam karyawan di excel Update Informasi Menarik
Contoh daftar hadir jam karyawan di excel Update Informasi Menarik from www.ngetrik.com

Cara Membuat Absensi di Excel Dengan Mudah dan Cepat

Semua orang pasti sering melihat absensi di kantor atau pun di sekolah. Namun, tidak semua orang tahu bagaimana cara membuat absensi di Excel. Proses membuat absensi di Excel ini tergolong mudah dan cepat. Bagi kalian yang ingin membuat absensi di Excel, berikut ini adalah panduan yang dapat kalian ikuti.

1. Buka Microsoft Excel

Pertama-tama, buka Microsoft Excel terlebih dahulu. Jika belum menginstal Microsoft Excel, maka kalian harus menginstalnya terlebih dahulu. Setelah itu, buka Microsoft Excel dan kalian akan menemukan layar kosong yang disebut dengan lembar kerja. Pada lembar kerja ini kalian akan membuat absensi.

2. Masukkan Judul

Setelah itu, masukkan judul. Judul ini bisa berupa nama kelas atau pun kegiatan yang ada di sekolah atau pun kantor. Misalnya, “Absensi Kelas X IPA 1”. Pilih cell yang berada di sudut kiri atas lembar kerja dan ketikkan judul pada cell tersebut.

3. Masukkan Nama

Kemudian, masukkan nama-nama yang akan dibuat absensinya. Masukkan nama-nama tersebut di sebelah kiri cell judul. Gunakan cell dibawah judul untuk menuliskan nama-nama tersebut. Jika jumlah nama cukup banyak, lakukan scroll ke kanan hingga semua nama tercantum.

4. Masukkan Tanggal

Setelah itu, masukkan tanggal. Masukkan tanggal di sebelah kanan cell judul. Pilih cell diatas judul dan ketikkan tanggal yang kalian inginkan. Jika ingin membuat absensi bulanan, maka masukkan nama bulan saja. Kalau ingin membuat absensi per minggu, masukkan nama hari saja. Pilih semua cell yang digunakan untuk menuliskan tanggal.

5. Buat Kolom Absensi

Setelah itu, buat kolom absensi. Buatlah kolom absensi di sebelah kanan cell tanggal. Pilih satu cell diantara kolom tanggal dan cell nama. Masukkan keterangan “Hadir” atau “Tidak Hadir” pada cell tersebut. Setelah itu, pilih cell tersebut dan drag hingga semua cell tanggal terisi. Selanjutnya, pilih semua cell yang digunakan untuk menuliskan absensi dan ubah font menjadi bold.

6. Buat Kolom Jumlah

Selanjutnya, buat kolom jumlah. Buatlah kolom jumlah di sebelah kanan kolom absensi. Pilih cell di sebelah kanan cell kolom absensi dan masukkan keterangan “Jumlah”. Setelah itu, pilih cell tersebut dan drag hingga semua cell tanggal terisi. Selanjutnya, pilih semua cell yang digunakan untuk menuliskan jumlah dan ubah font menjadi bold.

7. Isi Kolom Jumlah

Selanjutnya, isi kolom jumlah. Isi kolom jumlah dengan menggunakan fungsi COUNTIF. Pilih cell di sebelah kanan cell “Jumlah” dan masukkan fungsi COUNTIF berikut: =COUNTIF(J1:J25,”Hadir”). Jika kalian ingin menghitung jumlah orang yang tidak hadir, maka gantilah “Hadir” dengan “Tidak Hadir”. Setelah itu, tekan enter dan jumlah akan terisi otomatis.

8. Buat Kolom Total

Jika sudah, buat kolom total. Buatlah kolom total di sebelah kanan kolom jumlah. Pilih cell di sebelah kanan cell “Jumlah” dan masukkan keterangan “Total”. Setelah itu, pilih cell tersebut dan drag hingga semua cell tanggal terisi. Selanjutnya, pilih semua cell yang digunakan untuk menuliskan total dan ubah font menjadi bold.

9. Isi Kolom Total

Selanjutnya, isi kolom total. Isi kolom total dengan menggunakan fungsi SUM. Pilih cell di sebelah kanan cell “Total” dan masukkan fungsi SUM berikut: =SUM(K1:K25). Setelah itu, tekan enter dan total akan terisi otomatis.

10. Simpan File

Terakhir, simpan file. Setelah selesai membuat absensi di Excel, simpan file tersebut. Pilih File > Save As lalu beri nama file. Kemudian, pilih lokasi penyimpanan dan pilih format file. Pilih format file Microsoft Excel Workbook (.xlsx). Setelah itu, klik Save dan file absensi dalam bentuk Excel yang sudah kalian buat akan tersimpan.

Demikianlah panduan cara membuat absensi di Excel. Proses membuat absensi di Excel ini tergolong mudah dan cepat. Dengan cara di atas, kalian bisa membuat absensi dengan lebih cepat dan praktis. Selain itu, kalian bisa menyimpan absensi dalam bentuk Excel yang bisa kalian gunakan kapan saja.


Posting Komentar untuk "Awasome Cara Membuat Absensi Di Excel 2023"